Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Membuat Kue Bugis Kenyal dan Manisnya Pas

Terkadang resep kue bugis di internet jika dipraktikan hasilnya tak sesuai harapan. Maka dari itu, kami mau memberikan cara membuat yang benar agar bisa kenyal dan manisnya pas di mulut.

Kue bugis atau koci (dalam bahasa Jawa) merupakan salah satu kue basah. Biasanya, kue ini dibungkus daun pisang dengan bentuk seperti kerucut. Termasuk salah satu dari beberapa makanan tradisional Indonesia asli iya ( baca : Kue Cubit tradisioanl asli Bandung).

Resep Kue Bugis Empuk
Ilustrasi Kue Bugis

Kue tradisional ini banyak kita temukan di acara hajatan atau pernikahan. Tersedia di atas piring bersama kue-kue yang lain. Bentuknya yang imut membuat kita ingin menggigitnya di mulut.

Dalam pembuatannya nanti kue bugis tidak menggunakan tepung terigu melainkan tepung ketan. Teksture tepung ketan nanti akan terasa kenyal dan lembut di mulut. Isian kelapa yang gurih dan manis tentu membuat lidah makin bergoyang menikmati setiap gigitannya. Rasanya begitu legit ,, hmm yummy abis :)

Mungkin bunda sedang mencari :
  1. Resep Bolu Ketan Hitam dengan Cara Membuat Termudah - New!

Aroma pandan yang dihasilkan dari campuran air daun pandan dan daun suji akan memberikan cita rasa yang berbeda. Harum-harum legit gitu deh.. hehehe jadi kebayangkan nikmatnya seperti apa ? hmm

Nah yang ingin membuat, sebaiknya mempersiapkan peralatan ataupun bahan-bahan untuk membuat kuenya yuk ;). Apa saja bahan dan bagaimana cara membuat kue bugis, lebih jelasnya kita lihat di bawah ini iya :) . Jangan sampai ada yang tertinggal :)

Bahan Kue Bugis :
  • 375 tepung ketan putih
  • 1/2 sdt garam
  • 250 ml santan
  • 50 ml campuran air daun pandan dan suji
  • Daun pisang untuk membungkus

Bahan Isi Kue Bugis :
  • 300 gr kelapa setengah tua, kupas, parut
  • 200 gr gula pasir
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam
  • 150 ml air

Cara Membuat Kue Bugis :

A. Langkah Pertama, Cara Membuat Isinya :
  • Campur kelapa parut, gula pasir, vanili, garam, dan air. Masak sambil diaduk sampai matang dan air habis, angkat, sisihkan.
Ads by google:
Setelah isinya siap, yuk lanjut ke tahap berikutnya.

B. Langkah Ke Dua :
  1. Campur tepung ketan dan garam, tuangi santan dan air daun suji sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai dapat dipulung.
  2. Ambil 1 sdm adonan tepung, beri 1 sdt adonan isi, bulatkan, letakkan di atas sehelai daun pisang. Lakukan sampai adonan habis, kukus sampai matang.
  3. Ambil selembar daun pisang, bungkus.

Sedikit Tips Dalam Membuat Kue Bugis :
  • Jika bunda berniat untuk membungkusnya dengan daun pisang, agar tidak lengket, oleskan minyak goreng pada daun pembungkus kue bugis.

Porsi :
  • Biasanya resep ini untuk 30 bungkus.

Tidak sulit kan cara pembuatannya ? Kalau begitu kapan mau mempraktikkannya ? hahaha. Makin cepat membuatnya, makin cepat pula menikmati hasil karya kita :). Dan sebenarnya tidak sulit untuk membuat makanan sendiri di rumah, jika ada keinginan dan sedikit kesabaran siapapun bisa kok :)

Yang pasti tidak ada kata ribet untuk mendapatkan sebuah kenikmatan :) . hehe. Tapi memang benar kok, sekarang begitu banyak makanan yang tersedia di berbagai tempat, alasan tidak mau repot kita lebih memilih untuk membeli :).

Kue bugis ini asli kue tradisional Indonesia, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya ??

Berikut ini resep kue tradisonal yang wajib kita lestarikan :
  1. Resep Combro Empuk, Enak, Renyah dan Anti Pahit!
  2. Resep Kue Cucur Manado Berenda Cantik

Selamat mencoba dan menikmati :)

Posting Komentar untuk "Resep Membuat Kue Bugis Kenyal dan Manisnya Pas"