Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Mangkok Tepung Beras Tapai Kukus Lembut

Kue Mangkok adalah kue basah yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu, dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. Tentu tidaklah asing terdengar di telinga kita, kue basah ini meupakan  jajanan tradisional yang patut kita lestarikan. Kue mangkok sekilas akan terlihat hampir mirip dengan Kue Bolu Kukus yang sebelumnya pernah kita bahas, namun sesungguhnya sangatlah berbeda.

Kue Mangkok Tepung Beras Mekar
Ilustrasi Kue Mangkok Tepung Beras

Sebenarnya yang membuat kue mangkok ini berbeda dengan bolu kukus adalah, kue mangkok ini berbahan dasar dari tepung beras bukan tepung terigu serta aroma sedap dari tape singkongnya. Jika sebelumnya kita pernah membuat kue dari tape, beupa kue tape keju, sekarang saatnya menggunakan tape dalam kue variasi yang lain.


Kue lembut berbahan dasar tapai :

Kue Bolu Tapai Singkong Maknyus
Cake Tape Singkong Keju Kukus Lembut dan Lezat
Kue Mangkok Mekar Tepung Beras Gula Jawa

Jika sebelumnya belum pernah merasakan atau bahkan mencicipi kue mangkok ini, dengan adanya Resep Kue Mangkok Tepung Beras Kukus kita bisa mencoba membuat kue mangkok sendiri di rumah. Dijamin manis, lembut, dan bikin ingin menikmati lagi dan lagi. Ketika ada waktu luang tidak ada salahnya untuk mencoba membuat kue mangkok ini, , pasti sangat cocok sebagai hidangan sebagai teman susu atau teh hangat kala berkumpul dengan keluarga tercinta.
Ads by google:
Tidak perlu khawatir, karena Resep Kue Mangkok Tepung Beras sudah dibuat menjadi resep membuat kue mangkok semudah mungkin dan praktis yang bisa kita coba praktekkan di rumah bersama keluarga tercinta . ini adalah bahan dan cara membuat kue mangkok tepung beras :

Bahan Membuat Kue Mangkok Tepung Beras

Bahan Biang :

  • 35 gr tepung terigu protein sedang
  • 65 ml air hangat
  • 2 sendok teh ragi instan

Bahan :

  • 150 gr tepung beras
  • 25 gr tepung sagu
  • 75 gr tepung terigu protein rendah
  • 150 gr tape singkong, haluskan bila perlu. Blender tapi  jngan terlalu lembut agar teksture tape tetap ada
  • 1 butir telur
  • 1/4  sendok teh garam
  • 225 gr gula pasir
  • 200 ml santan hangat dari ¼  butir kelapa
  • 4 tetes pewarna hijau muda
  • 100 gram ketan hijau, peras, lalu tiriskan

Cara Membuat Kue Mangkok Tepung Beras :

  1. Campurkan semua bahan biang menjadi satu . Aduk rata, kemudian diamkan selama 30 menit.
  2. Campurkan tepung beras, tepung sagu, tepung terigu, dan tape singkong. Remas-remas hingga rata.
  3. Masukkan bahan biang kedalam campuran tadi, uleni hingga rata. Tambahkan garam dan gula pasir. Lalu uleni lagi hingga rata.
  4. Tuankang santan hangat sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil dikocok rata selama 20 menit. Diamkan selam 90 menit. Kemudian bagi adonan menjadi 2 bagian.
  5. Satu bagian tambahkan pewarna hijau muda. Lalu aduk rata. Satu bagian lagi tambahkan tape ketan hijau. Aduk hingga rata.
  6. Panaskan cetakan kue mangkok 10 menit dengan api besar. Tuang bersamaan adonan hijau muda dan ketan hijau hingga memenuhi cetakan kue mangkuk, itu untuk membuatnya menjadi warna-warni. Jika ingin satu warna utuh, tuang adonan satu warna satu cetakan.
  7. Kukus diatas api besar selama 15 menit sampai matang.

Untuk ibu-ibu ataupun remaja sekalipun  cara membuat kue mangkok relative  mudah dan praktis yang bisa kita coba di rumah. Semoga  Resep Kue Mangkok Tepung bermanfaat buat kita semua, dan perekat dalam keluarga ,selamat mencoba :)

Posting Komentar untuk "Resep Kue Mangkok Tepung Beras Tapai Kukus Lembut"