Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Bolu Kukus Mekar Warna - Warni Pelangi

Kue Bolu yang satu ini imut-imut lucu dengan warna yang warna - warni seperti pelangi dan sesuai keinginan, bisa juga dibilang muffin khas Indonesia. Siapa yang tak mengenal kelezatan Kue Bolu Kukus nikmat ini, jika biasanya cara mengolah bolu adalah dengan cara dipanggang dalam oven, bagi yang belum memiliki oven tak usah khawatir, kita tetap bisa membuat kue-kue lewat dikukus. Salah satunya resep bolu kukus diolah dengan cara dikukus.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus
Ilustrasi Kue Bolu Kukus Warna -Warni

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus hampir sama dengan beberapa jenis bolu panggang lainnya. Yang membedakan, untuk penggunaan telur hanya menggunakan kuning telurnya saja. Putih telur bisa di manfaatkan untuk membuat yang lain.

Dalam resep kali ini, hanya menggunakan pewarna merah muda  sebagai variasi warna pada puncak bolu kukus. Jika menyukai, anda bisa menambahkan pewarna makanan hijau atau cokelat  untuk hasil bolu kukus yang lebih bervariatif.

Untuk cetakan bolu kukus sendiri bisa anda dapatkan di toko bahan kue.  Ada beberapa variasi ukuran cetakan untuk bolunya, agak tinggi atau sedang, hingga cetakan bolu kukus yang hampir menyerupai gelas 200cc, sesuai selera kita.

Butuh waktu sekitar 1 jam untuk menghidangkan dan menikmati bolu kukus buatan sendiri dari 15 menit persiapan, dan 45 menit untuk memasaknya. Waktu itu tak kan terasa lama jika kita membuatnya dengan penuh cinta apalagi untuk keluarga di rumah.

Ads by google:

Cara Membuat Kue Bolu Kukus

Bahan - Bahan Kue Bolu Kukus :

  • 150 gram tepung terigu
  • 75 gram gula pasir
  • 3 butir kuning telur
  • 1/4 sdt soda kue
  • 80 ml air soda
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt pewarna merah muda

Cara membuat bolu kukus :

  1. Campurkan vanili bubuk, telur dan gula, kocok hingga mengembang, kental dan berwarna putih.
  2. Ayak tepung terigu dan baking soda, masukkan perlahan kedalam kocokan telur ,bergantian dengan air soda sedikit demi sedikit sambal diaduk hingga adonan tercampur rata.
  3. Ambil 1/4 bagian adonan, campurkan dengan ½ sdt pewarna merah muda , aduk hingga tercampur rata.
  4. Siapkan panci pengukusyang terisi air, taruhlah di atas kompor tunggu hingga mendidih.
  5. Alasi cetakan bolu kukus dengan kertas roti atau biasa disebut kertas mangkuk
  6. Masukkan adonan putih hingga ½ bagian cetakan dan sedikit adonan merah muda di bagian atas
  7. Kukus dengan api besar selama 10-12 menit.

Adonan Kue Bolu kukus di atas bisa untuk 12 biji.
Disarankan Selama mengukus, jangan membuka tutup kukusan, dan alangkah baiknya lapisi tutup kukusan dengan serbet makan agar uap air tidak jatuh membasahi bolu. Air yang jatuh ke atas adonan bolu kukus bisa mengakibatkan bolu tidak mengembang/bantat.


Selamat mencoba resep bolu kukus, dan jangan lupa untuk berbagi pengalaman anda mencobanya ya!

2 komentar untuk "Resep Kue Bolu Kukus Mekar Warna - Warni Pelangi"