Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Bolu Gulung Cokelat Lembut dan Anti Bantat

Bunda pecinta Bolu gulung cokelat? Wah jika begitu adanya, cocok nih…yuk belajar cara membuatnya yang begitu simple dan tidak memakan waktu begitu lama :). Nda percaya? Ayo kita buktikan lewat resep di bawah ini bunda :), hehehe.

Bolu gulung memang sudah menjadi salah satu kue kuliner yang paling digemari sejak dulu, rasanya pun tak pernah berubah dari masa ke masa iya. Apalagi jika resep itu kita peroleh langsung dari bunda atau nenek kita, hmm pasti deh yummy sekali.

Bolu gulung merupakan salah satu resep cake yang dipanggang menggunakan loyang dangkal yang umumnya berukuran 35x25 cm bunda, dan diisi dengan selai atau krim mentega kemudian digulung. Soal isian ataupun olesan biasanya tergantung dengan selera kita, tentunya bisa divariasikan dengan berbagai macam rasa.


Resep Bolu Gulung Coklat Lembut
Ilustrasi Bolu Gulung Coklat

Soal nama nih bun, berbeda tempat maka berbeda pula namanya iya, bolu gulung ada juga yang menyebutnya dengan swiss roll. Jika di Amerika malah sering dikenal sebagai jam roll atau jelly roll lho. Tapi apapun namanya, rasa yang begitu nikmat akan mengalahkan segalanya deh, hahaha.

Bunda atau si buah hati yang mungkin jenuh dengan bentuk bolu yang gitu-gitu aja semisal kotak. Nah… ini lho bisa dijadikan alternatife, tidak ada salahnya jika kita menyajikan dalam bentuk lain, seperti halnya bolu gulung ini bunda. Sekalian bisa mengenalkan si buah hati mengenai jenis-jenis bentuk.

Tambah kebayang deh nikmatnya si kue bolu gulung nan lembut ini di fikiran kita iya ,, sampai-sampai berimajinasi sedang menikmati potong demi potongnya .... yummy :) .. sembari ditemani segelas teh atau kopi, makin bertingkat kenikmatannya kala di temani orang tersayang, haduh serasa dunia milik kita :), hehehe

Terus bagaimana iya untuk pemula yang masih belajar membuat kue? Ini pasti menjadi salah satu pertanyaan yang membawa keraguan bagi semua orang. Tidak usah khawatir bunda, bahan maupun caranya begitu mudah. Yang terpenting ada kemauan untuk mencoba dan mengikuti setiap langkah yang sudah kami bagikan. Setelahnya… saatnya menikmati hasil keringat deh :).
Ads by google:
Bunda juga bisa mencoba membuat Bolu Kukus Gula Merah yang merekah sempurna atau Bolu Kukus warna-warni anti bantat sebagai salah satu variannya dikemudian hari.

Daripada nunggu lama-lama dan makin penasaran, yuk segera kita intip resepnya di bawah ini :)


Resep Kue Bolu Gulung Coklat Lembut


Waktu yang dibutuhkan :
  • 15 menit untuk persiapan
  • 30 menit untuk memasak

Peralatan yang dibutuhkan :
  • Wadah
  • Mixer
  • Sendok teh
  • Sendok makan
  • Loyang


Bahan Kue Bolu Gulung Coklat  Spesial :


1. Bahan untuk pembuatan cake :
  • 35 gram tepung terigu berprotein rendah
  • 4 butir telur
  • 1 sdt coklat pasta
  • ¼ sdt baking powder
  • 25 gram susu bubuk
  • 75 gram gula pasir
  • 20 gram coklat bubuk
  • 65 gram margarin
  • 1 sendok the vanilli ekstrak
  • 2 sdm air
  • 1 sdm sp

2. Bahan isi :
  • 45 gram coklat dark berwarna putih
  • 135 gram coklat dark padat kemudian lelehkan
  • 70 gram kacang madu yang dicincang kasar
  • 125 gram mentega warna putih
  • 75 gram susu kental manis rasa coklat
  • 25 gram margarin

Sedikit Tips :
  1. Gunakan tepung terigu protein sedang untuk membuat adonan cake, karena kue jenis ini tidak membutuhkan gluten yang tinggi.
  2. Tekstur rollcake biasanya lembut karena penggunaan kuning telur yang banyak.  Jika kuning telur yang digunakan tidak terlalu banyak, bisa disiasati dengan penambahan sedikit tepung maizena ke dalam adonan agar hasilnya tetap lembut.
  3. Waktu melelehkan margarin / mentega pastikan jangan sampai air dan minyaknya terpisah karena hal ini bisa menyebabkan cake cepat kering dan adakalanya ada bagian yang mengendap / bantat pada dasar cake.
  4. Kue harus segera digulung selagi masih panas yaitu ketika baru diangkat dari oven agar kue masih lentur sewaktu digulung dan tidak patah.
  5. Salah satu faktor lainnya yang menyebabkan cake pecah adalah cake yang terlalu tebal. Idealnya cake memiliki ketinggian 1 ½ hingga 2 cm. Karena itu pastikan loyang yang bunda gunakan sesuai dengan banyaknya adonan yang dibuat iya.
  6. Kertas roti atau serbet bisa dijadikan alas kue sewaktu menggulung. Gulungan bisa dibuka lagi kalau kue sudah agak dingin untuk diolesi selai atau krim dari mentega dan setelah itu kue digulung kembali. Kue bisa juga langsung diolesi selai sewaktu masih panas-panas sehingga cukup digulung sekali saja.
  7. Gunakan kertas baking dengan kualitas yang baik agar kue tidak lengket saat kertas dilepaskan.
  8. Panjang kertas di sisi kiri dan kanan loyang sebaiknya dilebihkan, agar kue mudah dikeluarkan hanya dengan menarik kertas ke atas.


Cara Membuat Bolu Gulung Coklat Yang Lembut :


A. Cara membuat adonan bolu :
  1. Siapkan loyang panjang untuk bolu gulung, ukuran 35 x 25 cm dengan ketinggian sekitar 10 cm. Oles loyang dengan margarine kemudian alasi loyang dengan menggunakan kertas baking. Olesi permukaan kertas baking dengan margarine secara merata untuk mencegah cake lengket. 
  2. Ambil wadah, masukkan telur, gula pasir aduk hingga mengembang putih dan kental iya.
  3. Tambahkan susu bubuk, cokelat bubuk, tepung terigu dan baking powder aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Setelah bahan tercampur rata, masukkan coklat pasta berserta margarin sedikit demi sedikit dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata kembali.
  5. Selanjutnya tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah di oles dengan margarin, gunakan kertas roti sebagai alas adonan. 
  6. Oven adonan tersebut kurang lebih selama 25 menit pada suhu 190 derajat Celsius.

B. Saatnya membuat bahan isi :
  1. Kocok margarin dan mentega putih hingga lembut dan mengembang, kemudian masukkan coklat padat yang telah dicairkan sebelumnya dan juga susu kental manis rasa coklat, kocok hingga tercampur rata
  2. Letakkan bolu lalu olesi dengan bahan olesan pada permukaan bolu gulung coklat kemudian taburi dengan kacang madu dan gulung bolu tersebut.
  3. Jika sudah tergulung rapi potong-potong bolu gulung coklat sesuai selera dan siap disajikan.

Agar lebih jelas lagi, silakan bunda lihat video pembuatan bolu gulung coklat di bawah ini!



Coba juga resep di bawah ini yuk ! :)
  1. Resep Kue Cubit Enak, Empuk dan Pastinya Praktis Punya!
  2. Resep Kue Dorayaki Farah Quinn Asli Enak dan Empuk
  3. Resep Kue Lapis India Lembut yang Menggoyang Lidah - New!

Setelah melihat video, membaca resep kue bolu gulung coklat dan panduan setiap langkah pembuatannya yang tidak terlalu sulit, tentunya ada ketertarikan untuk mencoba membuatnya kan? Yuk segera ke dapur dan berkreasi bunda:) Selamat berkarya :)

Posting Komentar untuk "Resep Bolu Gulung Cokelat Lembut dan Anti Bantat"