Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Lapis India Lembut yang Menggoyang Lidah

Kue lapis mungkin tak asing lagi untuk kita semua, tapi kalau kue lapis india bagaimana? Sudah pernahkah mencoba? hehehe. Walaupun namanya sama tapi resep, bahan, dan cara membuatnya berbeda lho.

Bukan hanya dari segi bahan saja, bentuknya pun beda. Kue lembut ini disetiap lapisnya meliuk-liuk atau biasa kita menyebutnya dengan bergelombang.

Update Asal-Usul Kue.

Ternyata kue lapis india ini khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Terima kasih mba Yaya atas informasinya :)

Namanya saja kue lapis iya, pasti nanti bentuknya juga berlapis-lapis, hehehe. Soal rasa tak perlu diragukan deh, asli Indonesia banget pokoknya, manis dari gula dan gurih dari santan adalah kolaborasi yang cocok deh :)

Resep Kue Lapis India Bergelombang Sempurna
Ilustrasi Kue Lapis India

Diberi nama kue lapis india mungkin karena bentuk lapisan kuenya nanti bergelombang, seperti penari india yang sedang bergoyang, hehehe. Apapun nama dan bentuknya sih hayo aja iya, yang penting yummy dan lembut di mulut. Tapi memang sebagian orang terkadang memperhatikan tampilannya, itu hal yang wajar saja. Bentuk yang menarik tak jarang membuat kita ingin segera mencicipinya kan? :)

Mungkin akan timbul pertanyaan, “apa kita bisa membuatnya, sepertinya kok sulit?” Sebenarnya jika kita mau mencoba, hal sesulit apapun akan terpecahkan kok:) Dalam membuat sebuah kue yang nikmat seperti kue ini, kita memerlukan yang namanya ketelatenan dan ketelitian. Dua kata yang singkat tapi panjang arti iya bunda :), tapi tetaplah tenang, tak perlu risau.

Ketelatenan kita diuji saat kita membuat lapis demi lapisnya sampai adonan selesai, sedangkan ketelitian kita terletak pada saat kita memilih bahan yang akan kita gunakan, dan memperhatikan setiap lapisnya apakah sudah bergelombang apa belum?

Lembut si kue lapis india ini benar-benar membuat lidah bergoyang, tak kalah saat kita menikmati pudding (baca: Cara Membuat Puding Buah Segar ), mak tlenyer kalau orang jawa bilang, hehehe. Nah daripada bunda ataupun sista makin penasaran, dan tambah ngiler langsung saja kita simak resep di bawah ini dengan takaran yang pas :)
Ads by google:

Resep Kue Lapis India Bergelombang Sempurna


Peralatan :
  • Wadah
  • Timbangan
  • Sendok teh
  • Panci
  • Penyaring
  • Loyang
  • Pengukus

Waktu Pembuatan Kue :
  • 15 menit untuk persiapan
  • 30 menit untuk memasak

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis india

Bahan-bahan :
  • 100 gram gula merah
  • 200 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
  • 100 gram tepung hunkue
  • ½  kaleng (kurang lebih 150 ml) susu kental manis
  • 4 butir telur ayam, kocok lepas
  • ¼  sendok teh garam halus

Sedikit tips :)
  1. Ketika kita akan menuangkan adonan di atas lapisan yang sudah keras, jangan lupa untuk mengaduknya supaya tepung tidak menvendap di wadah.
  2. Setelah kue lapis matang dan dingin kita juga bisa memasukkannya ke dalam pendingin supaya mempercepat proses pemadatan.
  3. Untuk menghasilkan kue yang bergelombang atau berjoget seperti penari india dibutuhkan banyak air supaya menghasilkan tekanan kuat dari bawah sehingga permukaan kue tidak rata. Jika sebelumnya ketika kita membuat kue menghindari gelombang supaya rata, ini justru sebaliknya. Kita justru harus membuat kuenya tidak rata.
  4. Selain air yang banyak kita juga harus memperhatikan api, api yang kita gunakan sebaiknya api besar.

Cara membuat kue lapis india :
  1. Rebus gula merah, air dan daun pandan sampai gula larut dan mendidih. Kemudian saring dan dinginkan. Kita buang daun pandannya karena hanya untuk memberikan aroma harum.
  2. Siapkan loyang bulat diameter 18cm, tinggi 7cm, alasi kertas roti dan olesi minyak goreng. Panaskan kukusan dengan api sedang sampai mendidih airnya.
  3. Dalam sebuah wadah campur tepung hunkue dan susu kental manis, aduk sampai rata.
  4. Masukkan telur kocok ke dalam hunkue tadi, aduk rata. Lalu tambahkan gula merah yang sudah dicairkan , santan dan garam. Aduk sampai rata dan saring supaya licin.
  5. Masukkan loyang ke dalam kukusan Tuang adonan sebanyak 75 ml atau sesuai perkiraan bunda kemudian kukus selama 5 menit dengan api agak besar. Jika bagian pinggir sudah keliatan ada bintik-bintik kecil atau sedikit keras tuangi lagi 75 ml adonan dan kukus lagi selama 5 menit. Ulangi terus sampai adonan habis.
  6. Setelah lapisan terakhir dituang kukus selama 15 menit. Keluarkan dari kukusan dan dinginkan dahulu selama kurang lebih 6 jam supaya adonan benar-benar padat.

Bagaimana bunda, masihkah merasa sulit untuk membuatnya? Setelah membaca langkah pembuatannya, justru mudah sekali bukan? Kesulitannya mungkin hanya saat membentuk gelombang seperti penari itu saja, karena sebagian besar selama ini ketika kita membuat kue , harus menghindari permukaan yang bergelombang seperti ini, selepasnya mudah saja kan?

Yang terpenting saat proses mengukusnya kita jangan lupa memperhatikan airnya, jika dirasa air mulai menyusut segera saja tambahkan air panas, dan besarkan apinya. Ketakutan tidak bisa membentuk gelombang tentu akan pudar dengan sendirinya :)

Selamat mencoba dan menikmati :)

5 komentar untuk "Resep Kue Lapis India Lembut yang Menggoyang Lidah"

  1. Kue lapis india itu khas Banjarmasin mbak kalsel

    BalasHapus
  2. Kue lapis india itu khas Banjarmasin mbak kalsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitu iya bun.. terima kasih iya udah berbagi mengenai asal daerah.

      Hapus
  3. Mba bikinnya itu perlu 2 adonan atau satu adonan saja mba.. maksudnya adonan satu yg berwrna coklat.. adonan dua putih gitu ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, adonannya dibagi 2. Yang satu diberi warna coklat, satunya lagi tidak usah

      Hapus