Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Nastar Keju Gurih dan Renyah khas Imlek

Selamat pagi bunda :) Nastar keju memang kue lebaran. Tapi, selagi bunda mau, bisa saja kok membuatnya, apalagi kue Tania berbagi resepnya :)

Mengenal lebih jauh tentang nastar iya bund. Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang di dalamnya diberi isian berupa selai buah nanas. Namun semakin banyaknya kreasi, selai yang biasanya nanas sekarang bisa diganti dengan selai yang lain, seperti selai strawberry.

Yuk baca Resep Kue Nastar Keju Gurih dan Renyah
Ilustrasi Kue Nastar Keju

Nah, untuk asal muasal dari berbagai sumber, nastar berasal dari bahasa Belanda, gabunan 2 kata yaitu ananas dan taart. Bentuk kue ini biasanya bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis, cengkeh atau pun keju.

Selanjutnya untuk info saja bunda, kue nastar merupakan hal yang wajib disajikan pada Tahun Baru China (IMLEK/Chinese New Year) lho. Alasan utamanya adalah karena dalam Bahasa Hokian, berarti “ong lai“ (yang artinya adalah buah pir emas), juga memiliki arti “kemakmuran datang kemari”, rezeki, dan keberuntungan datang.

Di samping itu, warna emas serta manis dan lembutnya isi nanas melambangkan rezeki yang manis, dan melimpah. Apalagi jika isi nanasnya banyak, mereka mengartikan lebih berlimpah-limpah.
Ads by google:

Pada awalnya sih nastar lebih ke merupakan ritual keluarga, dimana setiap keluarga membuat kuenya sendiri dari resep turun-temurun. Hanya saja, karena alasan kepraktisan, ritual ini perlahan menghilang. Para pengusaha bakery lalu mengambil kesempatan ini untuk menjual kue nastar beberapa bulan sebelum Imlek. Seringkali kue tersebut dijual dengan harga yang lebih mahal, namun dengan kualitas yang lebih baik.

Seiring dengan kesadaran untuk kembali ke tradisi, para pecinta nastar lalu memegang kembali prinsip-prinsip tradisi keluarga. Yakni bahwa pineapple tarts seharusnya dibuat dengan tangan, dan merupakan sajian rumahan.

Meskipun kue kering ini pada dasarnya tersedia sepanjang tahun, namun citarasanya tak akan pernah sama dengan saat disajikan untuk Tahun Baru China. Entah itu dipengaruhi oleh suasananya, atau karena keistimewaannya karena hanya memanjakan lidah kita setahun sekali.

Resep kue kering renyah yang wajib bunda coba :
  1. Resep Telur Gabus Gurih, dan Renyah 100%
  2. Resep Kuping Gajah Empuk, Gurih dan Renyah - New!

Setelah tahu semuanya, kembali lagi ke cara membuat kue nastar keju gurih iya bunda :). Tetap ada yang perlu dipersiapkan baik dari alat memasak, bahan, maupun penyajian. Langsung cuss aja yuk !

Resep Kue Nastar Keju Gurih dan Renyah


Waktu yang dibutuhkan :
  • 15 menit persiapan
  • 30 menit untuk proses memasak

Alat yang dibutuhkan :
  • Wadah
  • Mixer
  • Loyang
  • Oven
  • Kuas

Bahan Kue Nastar :
  • 400 gram tepung terigu protein sedang
  • 75 gram maizena
  • 300 gram margarin
  • 100 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 1 putih telur
  • 1 sdt vanili
  • Selai nanas secukupnya.

Bahan pelengkap :
  • 2 kuning telur untuk olesan
  • Keju secukupnya untuk taburan

Sedikit tipsnya nih bun :
  1. Setelah mencampurkan terigu sebisa mungkin jangan diuleni lagi iya bunda. Tujuannya agar kue yang dihasilkan tidak keras nantinya.
  2. Jika bunda mengunakan cetakan yang model cototan, usahakan adonannya tidak terlalu keras iya. Supaya nanti tidak kesulitan saat mencototnya bunda. Bisa sesekali saat mencampurkan terigunya di coba terlebih dahulu dimasukkan ke cetakan, jika di rasa pas penambahan terigu bisa dihentikan.
  3. Untuk warna yang lebih cantik biasanya saya memberikan olesan kuning telur setelah kue dipanggang selama 15 menit, setelah diolesi kemudian dipanggang lagi selama 10 menit

Cara membuat kue nastar keju :
  1. Ambil sebuah wadah, kemudian masukkan dan campur margarin dan gula halus, menjadi satu kemudian kocok hingga rata dan mengembang
  2. Tambahkan telur dan aduk kembali,bisa mengunakan spatula maupun mixer.
  3. Setelah tercampur, masukkan maizena dan  vanili ke dalam adonan, aduk mengunakan spatula.
  4. Kemudian tambahkan tepung terigu secara perlahan sampai adonan di rasa pas.
  5. Saatnya membentuk sesuai selera bunda.
  6. Tata di loyang yang sudah diolesi margarin.
  7. Panggang kue nastar dengan suhu pemanggangan 150 derajat celcius selama 15 menit.
  8. Keluarkan dari oven, kemudian oles dengan kuning telur dan taburan keju. Panggang lagi selama kuran lebih 10 menit.
  9. Angkat dan dinginkan, baru deh dikemas. hehehe

Baca juga :
  1. Resep Membuat Kue Nastar Lembut Isi Durian Legit dan Lezat

Nastar keju yang gurih sudah jadi deh. Bunda gimana, tertarik untuk mencoba resep di atas? Hayukk… segera berkreasi di dapur, selamat berkarya bunda ^_^

Posting Komentar untuk "Resep Kue Nastar Keju Gurih dan Renyah khas Imlek"