Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Telur Gabus Gurih, dan Renyah 100%

Resep Telur Gabus Asin, Gurih, dan Renyah merupakan salah satu jenis resep kue kering dengan citarasa yang indonesia banget yaitu gurih, asin dan renyah. Cara membuat kue yang didominasi rasa asin yang pas di mulut ini sangat lah mudah.

Pada saat lebaran atau pun hari besar lainnya kue ini tak pernah absen atau bisa dikatakan wajib ada di atas meja untuk dihidangkan. Bentuk kue yang unik, yaitu kecil dan lonjong dirasa sangat pas jika masuk ke mulut dan begitu dinikmati saat santai bersama keluarga.


Setiap tempat memiliki nama tersendiri untuk sebuah kue, begitu pula dengan penamaan kue yang imut satu ini. Kebanyakan orang menamainya dengan sebutan kue gabus namun yang kita tahu dan paling populer adalah telur gabus. Tapi apapun namanya kalau kuenya gurih dan renyah siapa sih yang nolak? hehehe


Resep Kue Telur Gabus Gurih Renyah
Ilustrasi Kue Telur Gabus Empuk

Banyak yang beranggapan ataupun mengira bahwa membuat sebuah camilan gurih seperti telur gabus itu susah, ribet, dan terlalu sulit untuk para pemula atau yang belum terbiasa memasak. Tapi pandangan dan pola pikir yang seperti itu salah besar. Karena pada dasarnya setelah kita mencoba mempraktekkannya sendiri, cara pembuatannya tidaklah sesulit dengan apa yang dibayangkan :).


Hal itu bisa ditanyakan kepada mereka yang pernah membuat kue telur gabus iya bunda, mereka pasti merasa ketagihan dan ingin selalu membuatnya. Apalagi dengan adanya berita-berita di tv tentang bahaya makanan di luaran sana, makin membuat kita was-was jika ingin membeli makanan jadi. Iya.. salah satu alternative jika suka jajanan yaitu dengan membuat camilan sendiri di rumah :)


Sebenarnya memang banyak varian dari resep kue telur gabus yang sering kita jumpai di pasaran, akan tetapi untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi resep telur gabus gurih dan renyah sekaligus mengajak bunda ataupun sista berkreasi dengan cara membuatya :)


Nah.. untuk bahan-bahan pembuatan telur gabus mudah kita temui dan dapatkan di pasaran, seperti pasar tradisional, minimarket, supermarket bahkan toko-toko dekat rumah kita. Untuk bahannya meliputi tepung sagu, telur, margarin, minyak goreng dan garam secukupnya.


Daripada makin ngiler membayangkan gurihnya si kue, langsung saja kita simak apa saja yang diperlukan yuk :)



Resep Telur Gabus Asin Gurih dan Renyah

Waktu Pembuatan :
  • 15 untuk mempersiapkan bahan dan alat
  • 20 menit untuk memasak

Peralatan yang Digunakan :

  • Wadah
  • Sendok teh
  • Timbangan
  • Penggorengan
  • Toples

Bahan-Bahan Telur Gabus Gurih :

  • 200 gram tepung sagu atau juga dikenal dengan Tepung Kanji.
  • 2 butir telur ukuran cukup besar
  • 1 sendok teh garam dapur beryodium
  • 2 sendok teh margarin
  • 500 ml minyak goreng

Sedikit Tips Cara Membuat Telur Gabus Renyah :

  • Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas.
  • Usahakan saat membuat adonan kita benar-benar menggunakan tangan supaya hasil kuenya lebih maksimal
  • Usahakan minyak di dalam wajan cukup banyak sehingga hasilnya nanti renyah dan matang sampai ke dalam.
Ads by google:
Cara Membuat Kue Telur Gabus Gurih dan Renyah :
  1. Ambil wadah ukuran sedang untuk membuat adonan. Masukkan tepung sagu, dan garam dapur. Campur dan aduk kedua bahan kering menggunakan spatula sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  2. Masukkan dan kocok telur di tempat terpisah. Aduk sampai putih dan kuning telur tercampur rata.
  3. Masukkan telur sedikit demi sedikit ke dalam bahn kering tadi sambil diaduk menggunakan tangan atau biasa juga disebut uleni. Ulangi sampai telur habis, tambahkan mentega dan adonan terasa kalis.
  4. Ambil adonan kue yang sudah jadi sedikit di atas telapak tangan. Gulung gulung sembari dibentuk adonan lonjong kecil panjang. Atau kita bisa membentuknya sesuai imajinasi dan kreasi kita sendiri. Ulangi proses tersebut sampai semua adonan terbentuk.
  5. Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam minyak dingin sebentar.
  6. Panaskan wajan dan isi minyak.
  7. Setelah minyak di rasa cukup panas (api sedang), masukkan adonan Kue Gabus Keju ke dalam nya. Aduk pelan pelan untuk mengindari kue nya nanti jadi gosong.
  8. Setelah warna nya kuning, angkat dan tiriskan dulu sampai benar-benar kering. Tunggu sampai agak dingin sebelum dimasukkan ke toples hidangan.

Coba membuat kue gabus dengan rasa yang lain yuk bund!

Bagaimana bunda? Setelah kita tahu cara membuat telur gabus gurih tidak terlalu sulit dengan apa yang kita bayangkan kan?. Bahkan untuk bahan-bahan pembuatannya juga tidak banyak dan mungkin sudah ada di dapur kita :). Iya..  Selain kita bisa sedikit menekan anggaran, dengan membuat sendiri kita jadi tahu dengan kualitas bahan yang kita gunakan tanpa merasa was-was lagi.


Selamat memanjakan diri di dapur bunda untuk mempraktekkan Resep Telur Gabus Asin Gurih dan Renyah :)

2 komentar untuk "Resep Telur Gabus Gurih, dan Renyah 100%"

  1. Dak pakek banyu po.
    Margarin nyo kpn d masukin

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah menambahkan adonan telur. maaf, kemarin ada yg kurang.. hehe

      Hapus