Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Putu Ayu Tradisional yang Cantik, Lembut, dan Lezat

Kue Putu Ayu adalah kue basah tradisional asli Indonesia. Kue yang enak dan berteksture lembut ini merupakan salah satu dari aneka jajanan pasar yang hingga saat ini masih sangat populer. Kue putu ayu ada juga yang menyebutnya dengan nama kue putri ayu lho.

Walaupun memiliki nama yang hampir sama dengan kue “putu”, namun sebenarnya bahan dasar untuk pembuatan putu ayu sangatlah berbeda dengan kue putu yang hanya menggunakan tepung beras untuk adonannya.

Sedangkan untuk putu ayu menggunakan beberapa bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan bolu kukus. Persamaan dari kedua kue ini hanyalah pada pemakaian kelapa sebagai hiasan kue. Manisnya gula dan gurihnya parutan kelapa merupakan perpaduan yang cocok.


Resep Kue Putu Ayu Super Lembut
Ilustrasi Kue Putu Ayu yang Cantik

Warna yang cantik dan segar yaitu berwarna hijau dengan taburan kelapa parut yang berwarna putih adalah kombinasi indah di mata. Kue putu ayu tentu dengan mudah kita dapatkan diacara selametan, khususnya di daerah pedesaan yang tetap menggunakan kue-kue tradisional. Dan tidak ada salahnya kita membuat sendiri kue putu ayu di rumah. Sembari memperkenalkan kue tradisional  ke anak, atau saudara yang belum pernah menikmati kue lezat ini.

Dijamin bakal ketagihan dan di lain waktu akan meminta kita untuk membuatkannya lagi. Resepnya cukup sederhana dan cara membuat putu ayu  sangatlah mudah. Tidak perlu khawatir soal bahn yang diperlukan karena denvan mudah kita akan mendapatkannya di toko dekat rumah kita sendiri.
Ads by google:

Panduan Membuat Kue Putu Ayu Cantik dan Lembut

Lama Proses Pembuatan.

Waktu yang di butuhkan untuk mempersiapkan  bahan sekitar 15 menit , dan untuk proses pengukusannya hanya 15 menit. Tak lama bukan waktu yang  dibutuhkan untuk sekedar membuat putu ayu yang lembut ini, tunggu apalagi ? segera bergegas ke dapur dan mempersiapkan bahan-bahannnya.

Bahan Kue Putu Ayu  :

  • 125 gr tepung terigu
  • 75 gr gula pasir
  • 1 sdt pasta pandan
  • 2 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt emulsifier
  • 100 ml santan agak kental, didihkan
  • kelapa parut dan garam, kukus


Cara Membuat Kue Putu Ayu :

  1. Kocok telur, gula pasir, garam dan emulsifier hingga adonan mengembang, kental dan berwarna putih.
  2. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak.
  3. Tambahkan santan dan pasta pandan sedikit demi sedikit , aduk hingga adonan tercampur rata.
  4. Campurkan kelapa dan garam aduk rata.
  5. Siapkan cetakan, isi dengan kelapa parut sambil ditekan agar kelapa padat.
  6. Tuangkan adonan hingga ¾ cetakan.
  7. Panaskan panci pengukus.
  8. Kukus adonan selama 15 menit, angkat dan keluarkan dari cetakan.

Sedikit Tips dari Resep Kue Lezat Tania

  • Tutup panci pengukusnya sebisa mungkin dibalut menggunakan kain serbet supaya air dari uap panasnya tidak jatuh di adonan kue, karena ini bisa mengurangi cita rasa kue itu sendiri. 
  • Jangan menggunakan api yang terlalu besar agar kukusan tidak  terlalu panas sehingga bisa menyebabkan kue tersebut merekah.
  • Sebaiknya menggunakan kelapa yang cukup muda agar kelapa tampil rapi dan menarik,begitu pula saat memasukkan ke dalam cetakan dengan cara sedikit ditekan agar lebh padat.

Kue putu ayu siap untuk dihidangkan, paling enak dinikmati selagi hangat apalagi di cuaca hujan seperti halnya sekarang. ^_^

Posting Komentar untuk "Resep Kue Putu Ayu Tradisional yang Cantik, Lembut, dan Lezat"