Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kembang Gula Kelapa Muda

resep dan panduan membuat kembang gula kelapa muda
Ilustrasi Kue Kembang Gula Kelapa Muda

Kebayang akan legit ,enak dan gurihnya kembang gula kelapa deh.. dulu  beberapa tahun yang lalu makanan ini banyak yang menjual di pasar-pasar tradisional. Tapi sekarang, makanna ini sudah jarang ada bahkan hanya ada satu penjual dalam sebuah pasar. Itupun hanya ada dihari-hari tertentu.

Aduh…aduh… sayang banget kan, makanan khas Indonesia ini harus hilang dari pasaran, tersaingi makanan-makanan luar negeri. Padahal rasanya yang manis khasnya Indonesia pakai banget iya.. hehehe

Seperti kita ketahui kembang gula kelapa adalah nama makanan jajanan pasar yang memiliki ciri khas rasa yang manis. Makanan yang satu ini memiliki bentuk bunga yang sangat unik dan cantik, atau juga ada yang berbentuk aneka macam.

Mungkin sebagian dari kita masih banyak yang belum mengetahui jenis bentuk dan cara pembuatan kembang gula ini, karena sejujurnya makanan ini seperti di atas  kini memang sudah jarang ditemukan dipasaran bahkan hampir sudah tidak ada lagi yang memproduksinya.
Ads by google:
Tak ingin rasanya kehilangan makanan yang jadi kegemaran anak-anak ini, bagi bunda di rumah jika memang merasa was-was dengan jajanan kembang gula kelapa diluaran, yuk… tidak ada salahnya membuat sendiri. Dijamin lebih maknyus deh.. karena menurut buah hati masakan bundalah yang menjadi makanan ternikmat di dunia.

Oke deh kali ini, kita akan berbagi kembali tentang bagaimana cara membuat kembang gula yang manis nan cantik. Untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat cara pembuatan kembang gula kelapa muda berikut ini :)


Bahan :

  • 1 butir buah kelapa muda
  • 1 sendok makan tepung kanji ( larutkan dengan sedikit air )
  • ¼ sendok teh vanili bubuk
  • 180 gr gula pasir
  • pewarna makanan secukupnya ( misal : biru, kuning, merah, hijau )
  • air secukupnya


Cara Membuat Kembang Gula Kelapa Muda :

  1. Pertama kali yang harus kita lakukan yaitu parut kelapa dengan parutan kasar dan lebar lalu sisihkan
  2. Kemudian rebus gula pasir dengan sedikit air sampai larut
  3. Masukkan kelapa yang sudah diparut kasar kedalam rebusan gula, aduk sampai air gula menyusut
  4. Tuang adonan tepung kanji dan masukkan vanili bubuk, aduk adonan kembang gula sampai tercampur rata
  5. Bagi adonan menjadi 4 bagian kemudian masing-masing diberi beberapa tetes pewarna makanan, aduk rata
  6. Ambil setiap 1 sendok makan adonan kembang gula lalu ditata diatas loyang atau nampan dan beri jarak supaya tidak lengket ( lakukan berulang iya, sampai selesai )
  7. Diamkan adonan sampai dingin lalu masukkan kedalam toples dan kembang gula siap disajikan

Tidak sulit kan untuk membuat kembang gula kelapa muda ? mari kita tetap menjaga makanan khas Negara kita iya. Kalau bukan kita siapa lagi? Makanan ini jika dikreasikan dengan sekreasi mungkin nantinya juga tak kalah dengan makanan luar negeri kok. :)


Untuk pemilihan warna kue kembang gula kelapa muda bisa sesuai keinginan kita iya :)

Selamat mencoba dan menikmati :)

Posting Komentar untuk "Resep Kembang Gula Kelapa Muda"