Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah Enak dan Lembut

Baca Resep Agar-agar Lapis Santan Gula Merah yuk ! Kue yang satu ini sudah tak asing lagi bagi kita. Bentuknya yang beraneka ragam dan teksturenya kenyal-kenyal terkesan ramah di mulut kita. 

Setiap ibu rumah tangga pastinya akan selalu mengkreasikan setiap resep masakan yang diinginkannya. Iya.. sebagai bentuk untuk menciptakan kehangatan dalam keluarga. Agar keluarga makin harmonis iya :).

Pada kesempatan kali ini kita akan berkreasi tentang cara membuat agar-agar gula merah yang berlapis santan. Agar-agar merupakan salah satu jenis bahan makanan yang biasanya sudah dikemas dalam bentuk bubuk yang terbuat dari rumput laut. Agar-agar bubuk yang sudah diolah menjadi makanan yang sangat enak dan memiliki tekstur yang sangat kenyal dan memadat.


Resep Membuat Agar-Agar Gula Merah Santan
Ilustrasi Agar - Agar Gula Merah Santan

Pudding bisa kita kreasikan dalam berbagai macam rasa. Sebelumnya kita pernah membahas Cara Membuat Pudding Buah Segardan Resep Puding Telur Puyuh, maka kesempatan kali ini kita akan memberikan panduan cara membuat pudding santan gula merah.


Makanan ini bisa juga dinamakan sebagai puding yang dibuat dengan cara direbus dengan campuran gula merah dan santan sebagai penambah cita rasa. Mungkin dari beberapa orang diantara kita semua masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara membuat puding yang berlapis santan.

Makin penasaran aja kan bagaimana proses pembuatannya dan di tambah apa saja bahan yang diperlukan. Dikesempatan ini akan kita bagikan resep agar-agar santan gula merah. Yuk segera menuju dapur :).

Ads by google:

Resep Puding Santan Gula Merah Lembut


Bahan Membuat Agar - Agar :
  • 2 bungkus agar-agar bubuk warna putih
  • 1200 ml santan kelapa
  • 200 gr gula merah ( iris tipis )
  • ½ sendok teh garam halus
  • 1 sendok teh vanili bubuk


Cara Membuat Agar - Agar Lapis Santan Gula Merah :
  1. Siapkan panci ukuran sedang untuk merebus semua bahan agar-agar.
  2. Masukkan santan kelapa, agar-agar bubuk dan gula merah kedalam panci yang sudah disiapkan.
  3. Tambahkan garam halus dan vanili bubuk kedalam campuran santan, aduk rata.
  4. Rebus semua bahan di atas dengan api sedang sampai mendidih sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah.
  5. Matikan api lalu angkat rebusan agar-agar kemudian tuang dalam cetakan agar-agar.
  6. Tunggu sampai agar-agar dingin dan memadat hingga santan naik keatas.
  7. Jadilah agar-agar gula merah lapis santan yang diinginkan lalu dipotong-potong dan siap disajikan

Tips dalam Membuat Puding Lapis Santan :

  • Membuat agar-agar ini harus menggunakan santan yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer supaya hasilnya lebih bagus ya bunda dan sista.
  • Jika ingin menggunakan santan kental harus ditambah dengan air.

Berikut ini kami berikan video proses pembuatan agar-agarnya. Ada tips mempercepat proses pendinginan adonan yang masih panas lho :)


Resep Agar-agar Gula Merah Lapis Santan bisa dijadikan tambahan pengalaman tentang menu kue untuk bunda di rumah, membuat puding ini tidak memerlukan waktu yang sangat lama juga proses pembuatan yang sangat mudah.

Selanjutnya, kreasikan bolu lembut dan pudding yang kenyal yuk! Silakan bunda baca resepnya di Cara Membuat Kue Madona Dengan Bolu dan Pudding yang Lembut.

Selamat mencoba dan menikmati :)

Posting Komentar untuk "Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah Enak dan Lembut"