Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Kue Bolu Pandan Panggang Lembut

Kue Bolu Pandan merupakan salah satu jenis bolu dari beberapa bolu yang paling diminati. Karena teksture yang seperti sponge, lembut tapi tetap enak. Memang tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat cake pandan satu ini. Meski di toko banyak yang menjualnya, namun tidak ada salahnya jika kita mempelajari resep kue bolu pandan panggang dan juga mencoba membuatnya untuk keluarga di rumah.

Cara Membuat Kue Bolu Pandan Panggang
Ilustrasi Kue Bolu Pandan Panggang

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu pandan sangat mudah didapatkan baik di pasar tradisional maupun supermarket. Untuk penggunaan oven, anda bisa menggunakan oven listrik maupun oven biasa yang dipanaskan dengan kompor gas. Jika menggunakan oven biasa yang tidak dilengkapi dengan penunjuk suhu, untuk mendapatkan suhu 180 derajat Celsius seperti dalam resep, panaskan terlebih dahulu oven di atas kompor selama 10 hingga 15 menit dengan api sedang.

Bahan dalam pembuatan bolu pandan juga mesti diperhatikan, seperti telur yang digunakan harus bersuhu ruangan yaitu bukan telur yang baru dikeluarkan dari lemari es. Hal ini diperhatikan untuk mendapatkan bolu pandan yang mengembang sempurna dan bertekstur lembut,

Kocok telur hingga benar-benar mengembang baru kemudian dicampur dengan bahan kering lainnya. Selain itu, oven juga harus mendapatkan perhatian. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum adonan siap dipanggang. Jangan membiarkan adonan yang siap dipanggang terlalu lama berada di suhu ruangan. Hal ini akan mengakibatkan adonan turun dan bantat ketika matang.

Waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan bahan kurang lebih 30 menit, proses memasak juga sama saat mempersiapkan bahan, jadi tidak perlu waktu lama untuk membuat bolu pandan buatan kita sendiri karena hanya butuh waktu 1 jam.

Ads by google:

Resep Kue Bolu Pandan Panggang

Bahan - Bahan Kue Bolu Pandan Panggang :

  • 6 butir telur ayam
  • 150 gr tepung terigu
  • 150 gr gula halus
  • 100 gr mentega, lelehkan
  • 1 sdt pasta pandan
  • 1 sdm air daun suji
  • 1/2 sdt baking powder


Cara Membuat Kue Bolu Pandan :

  1. Kocok telur dan gula hingga mengembang, kental dan berwarna putih.
  2. Masukkan terigu yang telah diayak bersama baking powder perlahan-lahan,
  3. Kemudian masukkan mentega yang sudah dilelehkan.
  4. Masukkan pasta pandan dan air daun suji, aduk hingga rata.
  5. Siapkan loyang bundar yang sudah diolesi mentega dan ditaburi sedikit tepung terigu agar tidak lengket.
  6. Tuangkan adonan bolu ke dalam loyang.
  7. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama 30 menit.
  8. Keluarka bolu dari loyang, potong-potong dan sajikan.
Bisa dipotong sebanyak 12 buah atau sesuai selera kita kok. Sebenarnya, memotong kue bolu terkadang sama triknya dengan membuat bolu bisa mengembang sempurna. Jika salah teknik memotong, bisa-bisa bolu yang sudah anda buat dengan susah payah akan hancur berantakan tak berbentuk.

Gunakan pisau panjang bergerigi khusus untuk memotong bolu jika anda punya, atau pisau panjang biasa yang sudah direndam air hangat lalu di lap dengan serbet bersih.

Anda bisa juga menggunakan benang jahit, tandai terlebih dahulu titik-titik pada bolu yang akan dipotong, lalu regangkan benang diatasnya, kemudian tekan dan gerakkan benang maju mundur secara perlahan. Jaga agar tangan anda tetap pada posisi sejajar agar hasil potongan bolu tetap rapi.

Selamat mencoba resep kue bolu pandan panggang ini. Semoga berhasil dan bermanfaat :)

Jangan lupa untuk share ke teman - teman kalian ya. Terima kasih ^_^