Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Apem Jawa Lembut Matang Sempurna

Pernah nonton animasi Doraemon kan? Pasti tau kue dorayaki dong.. Nah, kali ini kita akan membahas Kue Dorayaki Indonesia alias Kue Apem Jawa. Pengen tau resep dan cara membuatnya kan? Yuk kita simak artikelnya di bawah ini!

Kue Apem tentu tidak asing di telinga kita, jajanan tradisional asli jawa ini mungkin sedikit terlupakan. Apalagi untuk anak-anak muda jaman sekarang. Padahal ini juga salah satu warisan nenek moyang kita yang paling berharga. Indonesia memiliki banyak jenis jajanan tradisional yang mungkin sedikit terlupakan oleh kita. Rasa yang dihasilkan memiliki cita rasa yang sangat kuat.

Jajanan tradisional ini semakin tergeser perkembangan jaman, diganti dengan jajanan instan yang bahkan kita sendiri tidak tahu sejauh apa jajanan ini berdampak negatif pada tubuh kita terutama buah hati.

Maka dari itu, tak ada salahnya melestarikan warisan kuliner ini dengan mencoba dan mengajarkan memasak jajanan tradisional yang cukup populer, salah satunya warisan kulinernya adalah Kue Apem Jawa.



Cara Membuat Kue Apem Jawa
Ilustrasi Kue Apem Jawa


Banyak varian kue apem yang ada di nusantara, Apem Jawa adalah salah satunya. Resep Apem Jawa ini berbahan dasar tepung beras, gula merah, dan tape singkong. perpaduan bahan inilah yang menciptakan rasa manis-gurih pada Apem dan cocok untuk disajikan kapan saja, untuk makanan ringan keluarga, hingga jamuan pesta di rumah. Sekaligus memperkenalkan ke nak-anak kita.

Waktu yang di butuhkan untuk semua proses sekitar 1 jam saja, 30 menit untuk persiapan dan 30 menit untuk memasak, tak lama bukan. ?

Terus, bagaimana cara membuat Apem Jawa yang lezat iya? Caranya mudah dan praktis kok, kali ini akan tersedia resep mudah untuk membuat apem jawa, selamat mencoba :)

Ads by google:

Cara Membuat Kue Dorayaki Indonesia alias Kue Apem Jawa.

Bahan-bahan Kue Apem Jawa :

  • 275 gr tepung beras
  • 100 gr tape singkong
  • ½ sendok makan ragi instan
  • 100 gr gula merah, haluskan
  • 2 sdm gula pasir
  • 150 ml air kelapa
  • 250 ml santan kental
  • 1/4 sdt garam


Cara Membuatnya

  1. Haluskan tape singkong sampai benar-benar halus, campurkan dengan gula dan ragi instan.
  2. Remas-remas sampai gula tercampur rata dan terlarut.
  3. Tambahkan tepung beras pada adonan, aduk rata
  4. Tuang air kelapa sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan selama 15 menit
  5. Masukkan garam dan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni rata
  6. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang
  7. Panaskan cetakan apem/kue lumpur, olesi dengan sedikit minyak
  8. Tuang adonan apem, tunggu hingga tampak lubang-lubang, tutup
  9. Balik hingga sisi bawahnya matang.
  10. Kue apem jawa bisa di sajikan untuk 6 buah, pas untuk di sajikan saat kumpul keluarga.

Cetakan kue apem hampir mirip dengan cetakan kue lumpur, yaitu bulat pipih dan dapat ditemukan di toko kue. Tipsnya agar apem mengembang sempurna, yaitu jangan masukkan garam pada adonan karena akan mematikan ragi dan dapat membuat tekstur apem bantet.

Nah, untuk membuatnya semakin cantik bisa menambahkan potongan pandan di atas kue. setelah melihat resepnya, yang mudah untuk dibuat, saatnya kita  beranjak ke dapur dan memasak, membuatkan keluarga tercinta kue apem jawa. Selamat membuat kue apem di rumah.

Posting Komentar untuk "Resep Kue Apem Jawa Lembut Matang Sempurna"